Strategi Dan Prinsip Belajar Mengajar

 Posted by Heru. W


A. KONSEP BELAJAR
Belajar adalah suatu proses dimana suatu organisma berubah perilakunya sebagai akibat dari pengalaman (Menurut Gagne – 1984)
1. Proses
Belajar adalah proses mental dan emosional atau proses berfikir dan merasakan . Seseorang dapat dikatakan belajar apabila pikiran dan perasaannya aktif.
2. Perubahan Perilaku
Orang yang belajar akan dapat berubah atau bertambah perilakunya, baik pengetahuan, keterampilan motorik, atau penguasaaan sikap.
3. Pengalaman
Belajar terjadi di dalam interaksi antara individu dengan lingkungan sekitar, baik berupa lingkungan fisik maupun lingkungan sosial.
B. PRINSIP-PRINSIP BELAJAR
Prinsip belajar merupakan ketentuan yang harus dijadikan pegangan dalam pelaksanaan kegiatan belajar, karna akan sangat menentukan hasil dari proses belajar.
1. Motivasi
Berfungsi sebagai motor penggerak aktifitas, yang berkaitan erat dengan target yang akan dicapai oleh individu itu sendiri.
2. Perhatian
Perhatian merupakan energi psikis terhadap suatu objek yang dipelajari, semakin terpusat perhatian pada pelajaran maka hasil belajar yang diperoleh akan semakin baik, demikian juga sebaliknya.
3. Aktifitas
Belajar merupakan aktifitas, yaitu atifitas mental dan emosional.
4. Umpan Balik
Untuk mengetahuai apakah pengetahuan siswa yang diperoleh dalam proses kegiatan pembelajaran tersebut sudah maksimal atau malah sebaliknya.
5. Pebedaan Individual
Proses mental dan emosianal terjadi secara individual. Yang menentukan intensitas aktifitas belajar individu tersebut.

No comments:

Powered by Blogger.