Nasihat Untuk Umat



Adalah Sayyid al-'allamah al-faqih al-murabbi dan ad-da'i ilallah Salim Abdullah Umar asy-Syathiri Ba'alawi al-husaini, seorang ulama kenamaan asal Tarim Hadhramaut yang integritas keilmuan agamanya tidak diragukan lagi. Selain belajar pada ayahandanya sendiri yang juga seorng Imam nan 'alim di masanya serta ulama-ulama lain di daerah keliharannya, beliau juga

berdakwah memeberikan pemahaman yang benar tentang agama Islam, tidak hanya berdakwah dalam sekala nasional namun juga beliau melakukan perjalanan dakwahnya hingga ke Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunai, Srilanka serta Negara-negara Arab dan Afrika. Berikut adalah diantara petikan kata-katanya, semoga dapat kita ambil hikmah.

Beliau berkata: "arti dari zuhud terhadap kehidupan dunia adalah mengeluarkan kecintaan terhadapat dunia dari dalam hati, baik dunia itu mendatangi diri ataupun pergi meninggalkan, sebagaimana apa yang dikatakan oleh Imam al-Haddad untuk berzuhud terhadap kehidupan dunia yang melenakan sebagian orang sehingga mereka benar-benar menginginkan dunia itu .

Ada sebua kisah yang pernah dialami oleh Sayyid al-'Aidrus al-'Adny (seorang ulama yang masyhur) ketika beliau pergi dari rumahnya ke And (sebuah kota di Yaman), dimana dibentangkan di hadapan kudanya karpet Roma yang mahal, maka bertanyalah seorang yahudi: "hai muslim, bagaimana bisa anda mengatakan bahwa dunia adalah penjara bagi orang-orang yang beriman sedangkan bagi orang-orang kafir dunia adalah surga. Saya adalah orang kafir dengan keadaan yang payah lagi miskin sedangkan anda adalah orang berada nan kaya?! Maka dijawablah bahwa apa yang Allah janjikan kepadaku akan kenikmatan-kenikmatan yang ada di surga kelak, saya kini berada dalam penjara. Dan kepada anda, dibandingkan dengan apa yang Allah janjikan kepada anda siksaan yang amat di neraka kelak, maka anda di dunia ini seperti berada di dalam surga."

Sumber : pondok assalaam.blogspot

No comments:

Powered by Blogger.