Apa Itu Kelakai ?....

TANAMAN pakis atau paku merupakan satu spesies tumbuhan dalam famili Dennstaedtiaceae. Nama botaninya Stenochiaena palustris. Pakis tumbuh subur di tanah lembab di kawasan-kawasan cerah atau sedikit teduh. Tak cuma nyaman untuk dibuat sayur, pakis juga dijadikan obat tradisional untuk meredakan demam. Caranya dengan meminum pakis yang telah dibuat jus
Bagi warga pedesaan, sayur kelakai sudah tak asing lagi. Bahkan ada warga yang meyakini jika sayur kelakai mampu menambah vitalitas karena bisa menambah darah.
Saat musim penghujan, tumbuhan pakis akan terlihat segar. Tak heran, banyak warga sering berbondong-bondong untuk mencarinya.
Hampir setiap sore warga masyarakat dari perkotaan, juga banyak yang mencari sayur kelakai. Karena mencari kelakai juga bisa dijadikan refresing untuk keluarga.
Kalau disayur santan, ikannya pakai ikan asin dan sambal terasi, nyaman banar rasanya. Kalau sudah mencoba, pasti minta lagi.

Menariknya, tumbuhan yang kerap dijadikan sayur itu memiliki manfaat unik. Kalakai ternyata dapat menunda proses penuaan manusia. Berdasarkan studi empirik, diketahui bahwa kalakai dipergunakan oleh masyarakat suku Dayak Kenyah untuk mengobati anemia, pereda demam, mengobati sakit kulit, serta sebagai obat awet muda. Wongso Kesuma, mahasiswa Fakultas Kedokteran Unlam tertarik melakukan penelitian kandungan zat pada kalakai yang merupakan jenis tanaman jenis paku-pakuan, apalagi diyakini sebagai obat awet muda.

Dari hasil penelitian, Wongso mendapatkan bahwa kandungan zat bioaktif kalakai di daun adalah flavonoid sebesar 1,750 persen, streroid sebesar 1,650 persen, dan alkaloid sebesar 1,085 persen. Sementara di batang, ternyata kalakai mengandung flavonoid sebesar 3,010 persen, steroid sebesar 2,583 persen dan alkaloid sebesar 3,817 persen.
Dari serangkaian penelitian yang dilakukan, ia menyimpulkan bahwa kalakai mengandung zat bioaktif yang bersifat seperti anti oksidan seperti vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Zat bioaktif tersebut bekerja secara sinergis dengan makanisme antara lain dengan mengikat ion logam, radikal hidroksin dan oksigen singlet sebagai penghambat penuaan.

No comments:

Powered by Blogger.