Balogo, Permainan Tradisional

Balogo :

Terbuat dari tempurung kelapa biasanya di bentuk segitiga

Lazimnya ada tiga pemain dalam setiap tim logo.

Arena permainan logo berupa sehamparan tanah lapang datar. Tiga keping tempurung berbentuk segitiga seukuran telapak tangan ditancapkan di tanah, masing-masing berjarak sekitar 15 meter, 20 meter, dan 25 meter dari garis awal.

Tiga pemain jongkok di garis awal. Sebilah bambu berukuran 50-an sentimeter ditegakkan di dekat peluru lontar, yang juga terbuat dari keping tempurung. Pemain harus menjentikkan ujung bawah bambu sehingga melontarkan peluru tempurung mengenai sasaran.

Apabila pemain dapat merobohkan semua keping tempurung yang ditancapkan, tim akan mendapat poin enam. Karena logo merupakan jenis permainan ketangkasan, nilai lebih akan diberikan kepada tim yang dapat membidik sasaran dengan tepat.

Apabila pemain langsung dapat merobohkan logo pertama yang berjarak 15 meter dari garis awal, tim akan mendapatkan tambahan poin lima. Jika pemain langsung merobohkan logo kedua yang berjarak 20 meter dari garis awal, mendapat tambahan poin 10. Jika mampu melontarkan keping tempurung ke sasaran nomor tiga berjarak 25 meter dari garis awal, tim terkait akan mendapat tambahan angka 15. Bidikan dapat dilakukan berkali-kali hingga keping tempurung sasaran roboh.

Akan tetapi, apabila tempurung yang dilontarkan dari garis awal tidak mengenai satu sasaran pun hingga garis akhir—meski pelontaran sudah dilakukan berkali-kali—maka tim tidak mendapat angka. Tim yang mendapat akumulasi poin tertinggi tentu sebagai pemenangnya
(iim rosyad)
Pangkalan Bun My City

No comments:

Powered by Blogger.