Virus Facebook

Belakangan ini Facebook menjadi salah satu situs jaringan sosial yang sedang populer di Indonesia, walaupun situs jaringan sosial ini telah ada bertahun-tahun yang lalu, nampaknya baru belakangan ini Facebook mulai merambah pasar asia dan mampu menggeser posisi Friendster yang selama ini menjadi jaringan sosial terpoluler di Asia. Namun nampaknya kepopuleran Facebook ini dipergunakan negatif oleh beberapa orang sebagai sarana penyebaran virus, mungkin beberapa dari teman-teman sudah tau dengan yang namanya Virus Koobface.

"Koobface" adalah nama dari Trojan yang belakangan ini menyerang Facebook yang juga disebut beberapa orang sebagai Virus Facebook. Walaupun worm tersebut kini sudah menyebar di situs jejaring sosial selain Facebook seperti Bebo, MySpace, Friendster, MyYearbook, dan Blackplanet.

Bagaimana Koobface berkembang?
Koobface berkembang melalui pesan atau komentar di Facebook yang biasanya berisi seperti ini:
"Are you sure this is your first acting experience?"
"impressive. I'm sure it's you on this video"
"How can anyone get so busted by a spy camera?"
"You're the whole show! i'm admired with you".
Sekali sebuah komputer terinfeksi Koobface, ia akan mulai menyebar mengirimkan pesan kepada pengguna yang ada dalam daftar teman Anda. Link tersebut biasanya membawa Anda pada sebuah situs yang seolah-olah menawarkan sebuah download video dari "YouTube," namun kemudian mengatakan Anda memerlukan instalasi versi baru dari Adobe Flash Player untuk dapat melanjutkan. Tentu saja, jika Anda mengklik tombol, Anda akan segera terinfeksi. Pengguna yang terinfeksi kemudian diarahkan pada situs yang penuh malware saat mereka menggunakan mesin pencari.
(Pangkalan Bun My City)

No comments:

Powered by Blogger.