WORD ART

Pada awalnya semua operasi pada system computer ditangani oleh hanya seorang pengguna. Sehingga semua pengaturan tehadap perangkat keras maupun perangkat lunak dilakukan oleh pengguna tersebut. Namun seiring dengan berkembangnya System Operasi pada sebuah System Operasi computer, pengaturan inipun disrahkan kepada System Operasi tersebut. Segala macam manajemen sumber dya diatur oleh System Operasi. Pengaturan perangkat keras dan perangkat lunak ini berkaitan erat dengan proteksi dari perangkat keras (Hardware) maupun perangkat lunak (Software) itu sendiri. Sehingga, apabila dahulu segala macam proteksi terhadap perangkat keras dan perangkat lunak agar System Operasi dapat berjalan stabil dilakukan langsung oleh pengguna maka sekarang System Operasi-lah yang banyak bertanggung jawab terhadap hal tersebut.
System Operasi harus dapat mengatur penggunaan segala macam sumber daya perangkat keras yang dibutuhkan oleh system agar tidak terjasi hal-hal yang tidak diinginkan. Seiring dengan maraknya berbagai sumber day yang terjadi pada sebuah system, maka Sistem Operasi harus dapat secara pintar mengatur mana yang harus didahulukan. hal ini dikarenakan, apabila pengaturan ini tidak dapat berjalan lancer maka dapat dipastikan akan terjadi kegagalan proteksi parangkat keras.
Dengan hadirnya multi progarming yang memungkinkan adanya utilitasi beberapa program di memori tersebut, akan tetapi disisi lain akan menimbulkan masalah Karen sebenarnya hanya ada satu program ayng dapat berjalan pada satuan waktu yang sama. Akan banyak proses yang terpengaruh hanya akibat adanya gangguan pada suatu program. Sebagi contoh saja pabila sebuah harddisk menjadi sebuah sumberdaya yang dibutuhkan oleh berbagai macam program yang dijalankan, maka bias-bisa terjadi kerusakan harddisk akibat suhu yang terlalu panas akibat terjadinya sebuah situasi kemacetan penggunaan sumber daya secara bersamaan akibat
begitu banyak program yang mengirimkan request akan penggunaan harddisk tersebut.
(Heru)

No comments:

Powered by Blogger.