Pengertian Psikologi Secara Singkat

         Psikologi adalah ilmu tentang jiwa baik mengenai gejalanya, proses maupun latar belakangnya. Berbicara mengenai jiwa maka kita harus membedakan antara jiwa dan nyawa. Nyawa adalah daya jasmaniyah yang adanya tergantung pada hidup jasmani dan menimbulkan perbuatan jasmaniyah. Sedangkan jiwa adalah daya hidup rohaniyah yang bersifat abstrak yang menjadi penggerak dan pengatur bagi sekalian perbuatan-perbuatan pribadi manusia.
Psikologi bila dibandingkan dengan ilmu-ilmu lain seperti ilmu pasti, ilmu alam dan lain-lain, maka psikologi bisa dikatakan sebagi ilmu yang kurang tegas, karena ilmu ini mengalami tumbuh dan berkembang untuk mencapai kesempurnaan.
        Berdasarkan atas lapangan atau obyek yang diselidiki maka psikologi dibagi menjadi dua yaitu psikologi umum dan khusus. Psikologi umum adalah ilmu yang mempelajari kejiwaan manusia dewasa yang normal dan beradap. Sedangkan psikologi khusus yaitu ilmu yang mempelajari sifat-sifat khusus dari gejala-gejala kejiwaan manusia. Yang temasuk psikologi khusus adalah psikologi anak, psikologi perkembangan, psikologi kriminal dan lain-lain.
Psikologi berdasarkan kegunaan dan tujuannya dibagi menjadi dua psikologi teoritis dan psikologi praktis. Psikologi teoritis adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala kejiwaan dan untuk gejala-gejala itu sendiri. Jadi belum dihubungkan dengan praktek dalam hidup keseharian melainkan hanya sebagai pengetahuan untuk menambah pengetahuan tentang ilmu jiwa. Sedangkan psikologi praktis adalah ilmu yang mempelajari tentang segala sesuatu tentang jiwa untuk digunakan dalam praktek. Diantara psikologi praktis adalah; psikologi pendidikan, psikologi teknik, psikologi pengobatan kriminal dan lain-lain.
        Psikologi sangatlah penting bagi pendidikan dan pengajaran, karena penidikan dan pengajaran adalah bidang yang terbanyak menerapkan psikologi, khususnya pendidikan dan pengajaran disekolah.Dalam kurikulum psikologi dipakai untuk mempertimbangkan dalam meyusun (GBPP) Garis-garis Besar Program Pengajaran. Hal ini untuk menyesuaikan kebutuhan anak, usia anak, minat dan sebagainya. Sedangkan psikologi digunakan pendidik atau calon pendidik dalam menghadapi anak didiknya. Misalnya cara memanfaatkan hasil penilaian pendidikan agar dapat mendorong minat belajar anak didik.

No comments:

Powered by Blogger.