Heru
Heru Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Atribut Pokok Dalam Belajar

belajar

Menurut Gagne (1984), belajar adalah suatu proses dimana suuatu organisma berubah perilakunya sebgai akibat dari pengalaman. (Ratna Wilis Dahar, 1989 : 11 ).

Ada beberapa atribut pokok di dalam belajar, diantaranya :
  1. Hasil belajar berupa perubahan perilaku, baik yang menyangkut perilakau kognitif, psikomotorik, maupun perilaku efektif.
  2. Belajar merupakan proses mental dan emosional atau aktifitas pikiran dan perasaan.
  3. Belajar didapat dari pengalaman, baik pengalaman secara langsung maupun pengalaman tidak langsung (via media), atau dengan kata lain belajar terjadi di dalam interaksi dengan lingkungan. Baik lingkungan fisik dan lingkungan sosial.
  4. Beberapa prinsip belajar agar belajar menjadi lebih efektif :
  • Motivasi, yaitu suatu dorongan untuk melakukuan kegiatan belajar, baik motivasi intrinsik maupun motivasi ekstrinsik. Motivasi intrinsik dinilai lebih baik, karena sangat berkaitan langsung pada tujuan pembelajaran tersebut.
  • Perhatian atau pemusatan energi psikis terhadap pelajaran yang sangat erat kaitannya dengan motivasi. Untuk lebih meningkatkan perhatian siswa pada pelajaran dapat didasarkan terhadap diri siswa itu sendiri dan atau terhadap kondisional pembelajarannya
  • Aktivitas, belajar merupakan aktifitas. apabila pikiran maupun perasaan siswa tidak terlibat secara aktif dalam situasi pembelajaran, pada dasarnya siswa tersebut tidak belajar. Dimana penggunaan metode dan media ajar yang bervariasi akan dapat merangsang siswa agar lebih aktif dalam melakukan aktifitas belajar.
  • Umpan balik dari seorang guru sebaiknya dilakukan  agar mampu menyadarkan siswa terhadap kesalahan mereka serta meningkatkan pemahaman siswa akan pelajaran yang diberikan tersebut.
  • Perbedaan individual yang merupakan perbedaan individu itu sendiri, kita sebagai seorang guru hrndaknya dapat meperlihatkan secara nyata akan perhatian dan pelayanan terhadap siswa dengan dasar mereka masing-masing.
  • Pembelajaran merupakan suatu sistem lingkungan belajar yang terdiri dari unsur tujuan, bahan  belajar, strategi, alat, siswa dan guru.yang mana semua komponen tersebut sangat berkaitan, saling mempengaruhi dan berfungsi serta berorientasi pada tujuan belajar dan pembelajaran.
Semoga bermanfaat,

Heru  Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.