Tujuan Mengajar

Apa yang disebut dengan tujuan pengajaran itu? dan mengapa tujuan tersebut penting serta harus diutamakan?
Tujuan mengajar merupakan sesuatu atau target yang ingin dicapai di dalam kegiatan pengajaran (PKBM) yaitu adanya perubahan dari perilaku siswa ke arah yang lebih positif, baik dari segi pengetahuan, sikap, maupun keterampilannya. Tujuan ini sangat penting, sebab akan menentukan arah dari proses belajar dan mengajar yang akan mewarnai dari keseluruhan komponen pengajaran.
Tujuan pengajaran ini juga merupakan penjabaran dari bebrapa tujuan, yaitu tujuan bidang studi, tujuan satuan pendidikan tau institusi, serta pendidikan nasional. Dengan demikian tujuan pengajaran ini merupakan tujuan intermidier tau tujuan antara untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
Dilihat dari segi operasionalnya, tujuan pengajaran atau tujuan instruksional berisi rumusan pernyataan mengenai kemampuan atau kualifikasi tingkah laku yang diharapkan dimiliki / dikuasai oleh siswa stelah mengikuti proses pengajaran. Tujuan ini dibedakan menjadi tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus. Tujuan instruksional umum dan tujuan yang ada di atasnya disusun dan dirumuskan oleh tim pengembang kurikulum pusat, sedangkan tujuan instruksional khusus perumusannya diserahkan kepada guru sebagai pelaksana proses kegiatan belajar mengajar.

Ada tiga hal pokok yang harus diketahui oleh seorang guru, yaitu :
1. Harus memahami kurikulum/ GBPP yang berlaku sebagai pedoman dalam menjabarkan tujuan.
2.Memahami tipe-tipe hasil belajar, karena tujuan tersebut pada dasarnya merupakan hasil / terget belajar yang ingin dicapai.
3.Memahami akan tatacara merumuskan tujuan pembelajaran sampai tujuan tersebut jelas isinya serta dapat dicapai oleh siswa di dalam setiap proses pembelajaran.

No comments:

Powered by Blogger.