Copy Paste?, Kenapa Tidak !?

Sebenernya bingung mau posting tentang apa, karena sudah lama gak ngurus blog ini, mau dibiarkan sayang. Karen blog ini pertama kalinya aku mulai blogging (curhat dikit).

Sebelumnya saya minta ma'af, karena dilihat dari judul di atas seolah-olah mensahkan/ menghalalkan/ mendukung/ aatau apalah namanya mengenai copy paste dari content dari blog orang lain.


Sejujurnya saya akui, lebih dari 60% content blog ini hasil dari copy paste, banyak para blogger merasa rugi kalau artikelnya di copas sama blogger lain tanpa menyebutkan sumbernya bahkan mungkin geram, tapi apa boleh buat, pasrah saja. sebagai contoh, misalnya tutorial "Cara Membuat Random Banner di Blog" judul tersebut dapat kita temukan bejibun di internet, dari  berbagai bahasa dan negara pun tersedia. 


Kita pun belum tentu tau siapa penulis yang sebenarnya, kemudian di copas sana-sini (tapi gak kemari) hingga siapapun dengan bangga menaruh di blognya tanpa menuliskan sumbernya.


Yah, menurutku itu sudah resiko blogging, makanya kalau ingin content kita gak sembarang di copas maka buat copy right nya.

Lalu bagaimana dengan yang satu ini, misalkan kita membaca pada  pada blog lain, kemudian menceritakannya kembali di blog kita, apakah ini terasuk copy paste?...atau kah menjipak? atau apa namanya?...


"Namun yang jelas, ada sedikit etika dalam copas, menurut saya, kalu konten itu 100% (ngeplek kata orang jawa) dengan tetangga sebelah, maka sudah seharusnyalah kita sebutkan sumberya, dan apa bila itu hasil atau menceritakan kembali, tentunya kita punya referinsinya."


Udah dulu, yang penting bisa up date blog walaupun postingnya gak berbobot, mudah-mudahan dan saya yakin dapat mewakali beberapa diantara 1001 blogger "copas mania" di dunia maya ini.

6 comments:

  1. klo aku Copas itu tidak masalah asalkan mencantumkan asal-usul artikel yang jelas. memang Copas sangat sulit dihindari dalam dunia blogging, untuk itulah blogger yang tidak ingin artikelnya diCopas "seenaknya", mungkin baiknya membuat "aturan copas"

    Artikel yang bagus kawan, sukses..

    ReplyDelete
  2. salam sahabat
    ehm copas memang membuday kalau saya bebas merasa bebas dan memberikan kebebasan artikel saya di copas,setidaknya mencantumkan links gitu,kadang tersenyum melihat postingan gak tahunya itu naskah punya saya so banyak juga saya jumpai,tapi gak papa lah.

    ReplyDelete
  3. kalau menurut saya kopas gak masalah sob, saya setuju dengan pendapat sob. Kalau post nya murni dari hasil ide nya sendiri itu harus nya kita wajib cantumkan sumber nya, kasihan dengan yang posting.. salam kenal sob

    ReplyDelete
  4. kalo postingan Mieny mah isinya cuma coretan jadi gak ada copasan copasan...ada sich paling berapa cuil...hehehe

    ReplyDelete
  5. wkwkwkwkwk aku juga copy paste

    minta izin juga ahhh buat copy paste yaa di blog ayeeee

    ReplyDelete
  6. Copy, Paste asyik sih kalau lagy blank, tapi tulisan sendiri lebih memberi kepuasan.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.