Belajar Fisika Modern

Mahasiswa harus berusaha menguasai bahasa Inggris, serta terbiasa dengan pemakaian istilah-istilah berbahasa Inggris yang dipakai dalam fisika.

Seorang mahasiswa Fisika sedang bingung memaknai arti kata-kata "two Zeeman states", maka dia masukkan ke Google Translate, dan beginilah jawabannya: Dua negara Zeeman. :-)

Misal, pemakaian kata "state" sangat berlimpah dalam buku-buku teks Fisika Modern, Mekanika Kuantum, bahkan Mekanika Klasik. Sudah pasti dalam Fisika, kata 'state' tersebut bukan berarti 'negara' atau 'negara bagian', melainkan 'keadaan'.

Ketika mencari informasi di Google mengenai definisi suatu istilah (khususnya dalam bahasa Inggris), yang mahasiswa tsb harus lakukan bukannya mencari translasi istilah tersebut dalam bahasa Indonesia, melainkan penjelasan tentang definisi istilah tsb yang kemungkinan besar tertulis dalam bahasa Inggris juga. Dengan menguasai bahasa Inggris dan terbiasa dengan istilah-istilah berbahasa Inggris dalam Fisika, maka mahasiswa tsb akan mampu memanfaatkan sumber-sumber informasi lain di luar buku teks (terutama yang dapat diakses via internet). Jika tidak begitu, jangan terlalu berharap dapat banyak manfaat dari internet untuk belajar Fisika.

MAM

No comments:

Powered by Blogger.