Trik Membuat Agar Blog Tidak Bisa Diopen Source, Copy Paste

Copy paste, kadang beberapa blogger (panggilan bagi orang yang suka 'ngeblog/ mempunyai blog) tidak rela apabila konten yang mereka sajikan di blog dicopy oleh orang lain, bahkan source kode template pun mereka lindungi demi privasi.

Berbagai pendapat pun muncul, ada yang rela berbagi tanpa syarat, rela berbagi dengan syarat, dan ada juga yang tidak kedua-duanya alias dilarang copy paste.

Bagaimana pendapat anda?
Semua tergantung dari tujuan atau latar belakang kita membangun sebuah situs web, kalau tujuannya untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat tentunya biasanya blogger menggunakan alasan yang pertama, "berbagi tanpa syarat", tapi itu semua kembali kepada pribadi masing-masing blogger. yang jelas kita harus saling menjaga serta menghormati privasi orang lain.

Lantas apa yang dilakukan oleh para blogger agar blog mereka tidak bisa diopen source? dengan cara menonaktifkan fungsi ctrl+u, ctrl+a, ctrl+c.

Ini rahasianya :
  1. Login ke blogger
  2. Klik "Rancangan" >> "Edit HTML"
  3. Menggunakan ctrl+f, temukan tag <body>
  4. Silahkan ganti kode <body> tadi dengan kode di bawah ini
    <body oncontextmenu='return false;' onkeydown='return false;' onmousedown='return false;'>
  5. Simpan template
Kini blog sobat sudah tidak bisa di copy paste. Tapi anda harus tahu, kita tentunya menyadari seberapa kuat pun perlindungan terhadap suatu program tentunya bisa dijebol juga, termasuk dengan trik ini. Tapi paling tidak bisa sedikit mengurangi, itu saja. Semoga bermanfa'at.

No comments:

Powered by Blogger.