Agar Orang Lain Bisa Menulis Artikel di Blog Anda

Bisakah orang lain menulis di blog kita?
Agar orang lain bisa menulis di blog kita. Inilah yang akan menjadi bahasan ikita kali ini.
Agar orang lain bisa ikut menulis artikel/ posting di blog yang anda miliki rasanya tidak sesulit yang kita banyangkan. Kita tidak perlu menambah script-script khusus kedalam struktur template. Apabila anda pengguna wordpress, ada sebuah plugin khusus untuk ini. Silahkan cari di internet.

Lalu bagaimana dengan blogger? (pengguna blogspot)
Untuk pengguna blogspot, fasilitas ini sudah disediakan secara gratis oleh blogger. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengundang beberapa teman yang dapat kita import melalui kontak kenalan maupun secara manual dengan memisahkan alamat email dengan tanda "," (tanpa tanda kutip).

Untuk menggunakan fitur ini, langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah:
  1. Silahkan login ke akun anda di blogger
  2. Selanjutnya klik menu =>> Setelan
  3. Pada langkah dua diatas, selanjutnya pilih sub menu "Izin" yang terletak di bagian paling kanan
  4. Secara default, pada klolom "penulis blog" akan nampak nama blog sobat dan alamat email yang anda gunakan sebagai akun blogger.
  5. Untuk menambahkan beberapa penulis/ kontributor yang kita izinkan untuk menulis pada blog kita, silahkan klik tombol "Tambah Penulis" dan ikuti apa yang yang diperintahkan.
Cara kerja fitur ini ketika kita meng-klik "Tambah Penulis" maka kita diharuskan untuk memasukkan beberapa alamat email calon penulis yang kita izinkan sebagai kontributor. Maka secara otomatis blogger akan mengundang mereka dan sebuah email konfirmasi akan masuk kepada calon penulis.

Dalam memilih seorang kontributor kita juga harus selektif, sebaiknya pilih dari kenalan maupun orang-orang dekat yang bisa dipercaya. Ini untuk menghindari adanya aktifitas spamer maupun tulisan-tulisan yang tidak patut untuk dibaca baik menurut moral dan etika. Tapi jangan khawatir, dalam posisi ini jabatan anda adalah "pemimpin redaksi" (admin-red), jadi anda dapat menghapus posting yang dianggap tidak patut, atau bahkan anda juga dapat menghapus akun mereka di blog sobat.

Sayangnya, tidak semua akun email dapat menggunakan fitur ini. Seorang kontributor/ penulis wajib memiliki akun email dari blogger (gmail.com). Dan ini hanya terbatas kepada 100 (seratus) kontributor saja.

Selamat, dengan banyaknya kontributor di blog anda, maka tidak menutup kemungkinan blog anda akan setenar detikcom dan tentunya kerja anda sebagai owner blog akan sedikit ringan karena banyak orang yang meng-update blog anda setiap harinya.


Image by: economist-suweca.blogspot.com

13 comments:

  1. terima kasih berat bang..... very use full

    ReplyDelete
  2. oke ... siippp mkasih banyak bos....

    ReplyDelete
  3. http://idsamsungblackberry.blogspot.com/

    ReplyDelete
  4. terimakasih ilmu nya kang,,,sangat bermanfaat
    http://cari-cara-membuat.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. oke juga nie ..biar seru ada yng bantu nulis di blog ..tanks agan..kalo mau banyak temen yok kunjugi juga www.temankusedunia.blogspot.com

    ReplyDelete
  6. numpang pos ya

    ANDA MAU KAYA DENGAN AKUN FACEBOOK MODAL 20 RIBU HASIL bisa nyampe jutaan LEBIH SEBULAN?
    Atau anda mau, AKUN FACEBOOK ANDA MENGALIRKAN JUTAAN RUPIAH SETIAP HARINYA KE REKENING BANK ANDA ??
    Terobosan Paling Mutachir Saat Ini, Anda Dapat Menghasilkan Uang Hanya Dengan Modal Facebook Mau? Info Lengkap http://komisifb.com/?id=keyaleezah

    ReplyDelete
    Replies
    1. modus apa lagi nich....mana ada jaman sekarang nyari duit gampang.... yang ada kerja keras bos,...aya aya wae si bos ini,...ntar kuli bangunan main fb semua dong..siapa yang aduk semen dan masang seng ,...anggota Dewan yg terhormat pun main fb semua nanti,...siapa yang urus rakyat ?tobat Om...masih banyak rejeki yg halal kok

      Delete
    2. di Indonesia ada sekitar 60 juta pengguna fb setiap hari...kalau semua nyetor 20 ribu di kali 60 juta Orang....hitung sendiri aja uang yang ente dapat,...trus ente kabur,...kemana rakyat indonesia yang 60 juta orang mencari ante?....wah wah wahhhhhh,...sampean itu tulang saya loh....alboinsaragih.blogspot.com

      Delete
  7. terimakasih infonya gan
    sukses trus

    ReplyDelete
  8. Apa nama plugin-nya agar orang lain dapat menulis di blog kita?

    ReplyDelete
  9. aku juga sering nulis puisi di www.sastrawacana.com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.