Heru
Heru Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Agar Orang Lain Bisa Menulis Artikel di Blog Anda

menulis artikel

Bisakah orang lain menulis di blog kita? 

Agar orang lain bisa menulis di blog kita. Inilah yang akan menjadi bahasan ikita kali ini. Agar orang lain bisa ikut menulis artikel/ posting di blog yang anda miliki rasanya tidak sesulit yang kita banyangkan. Kita tidak perlu menambah script-script khusus kedalam struktur template. Apabila anda pengguna wordpress, ada sebuah plugin khusus untuk ini. Silahkan cari di internet. Lalu bagaimana dengan blogger? (pengguna blogspot) Untuk pengguna blogspot, fasilitas ini sudah disediakan secara gratis oleh blogger. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengundang beberapa teman yang dapat kita import melalui kontak kenalan maupun secara manual dengan memisahkan alamat email dengan tanda "," (tanpa tanda kutip). Untuk menggunakan fitur ini, langkah-langkah yang harus anda lakukan adalah:
  1. Silahkan login ke akun anda di blogger
  2. Selanjutnya klik menu =>> Setelan
  3. Pada langkah dua diatas, selanjutnya pilih sub menu "Izin" yang terletak di bagian paling kanan
  4. Secara default, pada klolom "penulis blog" akan nampak nama blog sobat dan alamat email yang anda gunakan sebagai akun blogger.
  5. Untuk menambahkan beberapa penulis/ kontributor yang kita izinkan untuk menulis pada blog kita, silahkan klik tombol "Tambah Penulis" dan ikuti apa yang yang diperintahkan.
Cara kerja fitur ini ketika kita meng-klik "Tambah Penulis" maka kita diharuskan untuk memasukkan beberapa alamat email calon penulis yang kita izinkan sebagai kontributor. Maka secara otomatis blogger akan mengundang mereka dan sebuah email konfirmasi akan masuk kepada calon penulis. 

Dalam memilih seorang kontributor kita juga harus selektif, sebaiknya pilih dari kenalan maupun orang-orang dekat yang bisa dipercaya. Ini untuk menghindari adanya aktifitas spamer maupun tulisan-tulisan yang tidak patut untuk dibaca baik menurut moral dan etika. Tapi jangan khawatir, dalam posisi ini jabatan anda adalah Admin, jadi anda dapat menghapus posting yang dianggap tidak patut, atau bahkan anda juga dapat menghapus akun mereka di blog sobat. Sayangnya, tidak semua akun email dapat menggunakan fitur ini. Seorang kontributor/ penulis wajib memiliki akun email dari blogger (gmail.com). Dan ini hanya terbatas kepada 100 (seratus) kontributor saja. 

Selamat, dengan banyaknya kontributor di blog anda, maka tidak menutup kemungkinan blog anda akan setenar detikcom dan tentunya kerja anda sebagai owner blog akan sedikit ringan karena banyak orang yang meng-update blog anda setiap harinya.

Heru  Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.