Cara Menginstal Windows 7 Melalui USB Flashdisk

IdBlogWeb - Biasanya untuk melakukan instalasi operating system windows pada sebuah komputer entah itu komputer desktop maupun laptop kita menggunakan write media berupa CD/DVD Rom. Namun bagaimana dengan pengguna netbook tidak terdapat CD/DVD room bawaan dari pabrik pembuatnya, dan kita diharuskan untuk membelinya secara terpisah (CD/DVD rw eksternal), Ini tentu akan membua kita yang notabenenya seorang yang awam tentang komputer .

Melihat saat ini pengguna netbook sangat besar, membuat kita berharap bahwa instalasi OS windows khususnya windows 7 bisa dilakukan dengan menggunakan media removable disk seperti Flashdisk? Bisakah?

Tentu saja bisa, bahkan menurut saya melakukan instalasi OS windows dengan flashdisk ini merupakan cara yang lebih praktis. Ya, flashdisk lebih bersifat mobile.

Lalu bagaimana cara agar flashdisk ini dapat dijadikan sarana untuk instalasi OS windows di komputer?
Hal pertama yang harus dilakukan adalah agar flashdisk ini dibuat sebagai bootable USB, kita memanfaatkan software yang berfungsi untuk merubah flashdisk menjadi bootable disk. Beberapa software yang bisa digunakan adalah Windows 7 USB DVD Tools, A Bootable USB, dan Wintoflash. Wintoflash, tools ini bisa membuat bootable USB Drive tidak hanya untuk windows 7, akan tetapi juga untuk windows XP, windows 2000, windows vista.

Untuk melakukan instalasi windows 7 menggunakan flashdisk ini, toolkit yang harus disediakan adalah:
  1. DVD Windows 7 atau File windows 7 dengan format iso.
  2. Flashdisk dengan kapasitas minimal 2 giga.
Cara instalasinya bisa menggunakan lengkah berikut, untuk mempermudah saya juga menyediakan screen shootnya.

Jalankan Windows 7 USB DVD Tools, kemudian pada kolom source file silahkan cari file iso windows 7 menggunakan tombol browse kemudian klik next


Pada pilihan USB Device dan DVD, pilih USB device

Silahkan pilih lokasi USB Flasdisk dan kemudian klik Begin copying untuk meneruskan


Tunggu beberapa saat hingga proses bootable selesai, ini tergantung speed komputer anda


Selanjutnya untuk melakukan instalasi pastikan bios booting pada posisi USB Drive flashdisk. Ikuti petunjuk instalasi yang ada.

Link download :
Windows 7 USB DVD Tools atau di Download disini
Download A Bootable USB
Download Wintoflash

No comments:

Powered by Blogger.