Kode Script Untuk Mempercepat Loading Blog

Lambatnya loading sebuah blog bisa menjadi petaka bagi seorang blogger, ini dikarenakan ketika pengunjung menunggu terlalu lama ketika browser membuka halaman blog kita maka pengunjung dengan begita saja akan meninggalkannya, tragis!

Hingga saat ini, tehnik-tehnik yang paling ampuh dalam mempercepat loading sebuah blog masih menjadi misteri di dunia blogging. Beberapa cara yang biasa digunakan adalah penggunaan template yang minimalis, mengurangi javascript dan gambar yang berkapasitas besar, bahkan harus rela menurunkan banner-banner iklan ppc yang dianggap memperlambat loading blog.

Ada satu cara lagi yang perlu kita coba dalam upaya mempercepat loading halaman blog. Selain beberapa cara yang sudah disebutkan di atas, yaitu penggunaan script yang dicoding secara khusus untuk mempercepat loading blog. Script yang membuat fungsi ini adalah lazy load script, dengan menanamkannya ke dalam struktur template, maka browser tidak akan membaca gambar-gambar di blog yang berakibat mempercepat loading dan meringankan beban server.

Berikut adalah kode scriptnya:
<script charset='utf-8' src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1.3.2/jquery.min.js' type='text/javascript'/> <script src='http://cuerosb.googlecode.com/files/cueros%20-lazyload.js' type='text/javascript'/> <script charset='utf-8' type='text/javascript'> $(function() { $(&quot;img&quot;).lazyload({placeholder : &quot;https://lh5.googleusercontent.com/_u4rBCfM4eII/TXksAi6R_OI/AAAAAAAABZY/2k63Mrtswf0/grey.png&quot;,threshold : 200}); }); </script>
Untuk bagaimana cara penggunaannya di blogger, silahkan ikuti langkah-langkahnya berikut ini:
  1. Login ke blogger =>> Rancangan =>> Edit HTML
  2. Dengan menggunakan Ctrl+F, temukan tag <head>
  3. Letatakkan kode script di atas tadi diantara tag <head> dan </head>, atau lebih mudahnya taruh tepat diatas </head>
  4. Simpan template.
Dengan melakukan cara diatas, semuga loading blog sobat bisa lebih cepat dari sebelumnya. Salam

1 comment:

Powered by Blogger.