Menghapus Sidebar Wrapper - Mempercepat Loading Blog

Judul diatas sebenarnya hanya berlaku untuk blog ini, akan tetapi juga tidak menutup kemungkinan bagi sobat yang menggunakan template 4 kolom .

Mungkin sebagaimana yang sobat ketahui bahwa blog ini menggunakan template "Sporty magazine" yang didesain Blogger Maps and Herdiansyah Hamzah (bisa sobat lihat di credit link, bagian footer paling bawah) yang notabenenya adalah template 4 kolom, bisa dilihat demonya klik disini.

Sebagaimana watak dan karakter robot search engine goolge, bahwa disaat mesin pencari membuka halaman sebuah blog, maka secar teori mengatakan bahwa mesin google akan membaca pertama kali setelah header yaitu bagian paling kiri blog, artinya dari kiri ke kanan. Jadi jelas bagi template sobat yang dibagian kiri (left sidebar) banyak terdapat banner iklan PPC maupun widget-widget java script maka akan membuat loading blog sobat menjadi lebih lambat.

Dari alasan yang sederhana itulah maka saya menghapus left sidebar template ini, dan menggeser post outer ke sisi paling kiri halaman blog, agar robot google lebih cepat dalam mengindeknya. Adapun rinciannya sebagai berikut:
- Left sidebar dengan id:sidebar2-wrapper yang berukuran 120 pixel, total saya hapus
- Dengan dihapusnya left sidebar, maka halam post otomatis bergeser ke bagian paling kiri blog, dengan lebar aslinya 385 px saya deperbesar menjadi 470 pixel.
- Sidebar3-wrapper dengan lebar 115px, dirubah menjadi bertambah lebar 160px

Semoga dengan sedikit oprekan yang sederhana ini bisa membuat loading blog ini tidak lelet dan lebih mudah dalam pengindekan masin pencari (search engine). ^_^

1 comment:

  1. gan keren nih template nya ....

    bagi bagi donk .. :)
    kirim ke email ane ya gan klo mu ngasih danielnewbie@gmail.com

    hehehe... mksih :-D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.