Meningkatkan Kinerja Windows Seven

Windows 7 merupakan salah satu operating system buatan raksasa software microsoft sesudah Windows XP, setidaknya hingga saat ini.
Sistem Operasi ini juga sebagai penyempurna dari generasi sebelumnya, yakni Windows Vista yang "lelet" terlebih untuk komputer dengan spesifikasi pas-pasan.

Windows se7en hadir dengan tampilan yang bisa dibilang full animasi, namun berbeda dengan vista, Seven lebih ringan. Bahkan diklaim seringan windows XP.
Namun demikian sebenarnya di Windows 7 kita bisa lebih meningkatkan performa sistem operasi ini dengan di-tweak, meningkatkan kinerja OS.

Mengurangi program Star Up pada Windows
Aplikasi yang berjalan secara otomatis ketika komputer baru saja dihidupkan akan memperlambat kinerja windows. Jelas tidak semua program-program yang berjalan otomatis tersebut kita gunakan, dan lebih bijak tentunya kita cukup memilih aplikasi apa saja yang memang kita perlukan untuk berjalan otomatis pada saat start up.

Langkah untuk melakukan pengecekan Windows Start Up :
  1. Klik start (atau start/logo windows+R, pada keyboard) dan kemudian pada kotak search/ run, berikan perintah konfigurasi dengan menuliskan msconfig, dan tekan enter.
  2. Selanjutnya silahkan pilih menu Start Up, nonaktifkan aplikasi yang tidak diperlukan untuk berjalan otomatis pada saat saat start up dengan menghilangkan tanda centang pada kotak kecil di masing-masing jenis aplikasi.
  3. Klik OK, dan restart komputer
Percepat Booting
Booting yang begitu lambat tentunya sangat menggangu pekerjaan kita. Ini dapat disiasati dengan menambakhan processor yang defaultnya adalah 1.
  1. Klik Start dan ketikkan msconfig pada kotak Search program and files, tekan Enter.
  2. Pilih tab Boot dan klik Advance options…
  3. Pada kotak dialog yang muncul, centang radio Number of processors, kemudian pilih jumlah yang diinginkan.
  4. Klik OK dan Apply.
  5. Restart komputer

No comments:

Powered by Blogger.