Pangkalan Bun My City

Kota Pangkalan Bun, sebuah kota yang terletak di pinggiran sungai arut ini memiliki banyak objek wisata dan situs peninggalan dari Kerajaan Kotawaringin yang tersisa.
Istana kuning, sebuah kerajaan yang pernah terbakardi tahun 1986 pernah dibakar oleh seorang wanita gila yang bernama Draya. Walaupun pada waktu itu usiaku masih 4 tahun namun masih bisa mengingat peristiwa itu, walaupun samar-samar.
Sayang, semenjak Kota Manis (sebutan lain dari Pangkalan Bun) ini saya tinggalkan di tahun 1997, hingga sekarang saya belum bisa melihat dari dekat istana ini.

Dikutip dari wikipedia bahwa Pangkalan Bun adalah ibu kota Kabupaten Kotawaringin Barat, provinsi Kalimantan Tengah, Indonesia. Secara administratif, Pangkalan Bun merupakan berada di kecamatan Arut Selatan.

Ada tiga jenis transportasi yang bisa menjadi akses ke kota Pangkalan Bun, yakni akses darat, laut, dan udara. Akses darat dapat dilalui melalui Jalan Trans Kalimantan. Akses laut bisa dilalui dengan fasilitas pelabuhan di Kumai yang melayani jurusan Semarang dan Surabaya. Bandara Iskandar bisa menjadi akses udara bagi yang ingin berkunjung ke Pangkalan Bun.

Cagar Budaya yang ada di Pangkalan Bun di antaranya adalah adanya Istana Kuning yang merupakan peninggalan Kerajaan Kutaringin yang ada di Kabupaten Kotawaringin Barat

Pangkalan Bun My City facebooker, adalah grup komunitas di sosial media facebook yang didirikan oleh rekan saya Si Boggie merupakan wadah bersilaturahmi melalui dunia maya. Anda bisa mengunjunginya disini

Selain Istana Kuning, Kotaku ini memiliki objek pariwisata yang terkenal hingga ke manca negara. Taman Nasional Tanjung Puting, Kawasan ini didominir oleh tumbuhan hutan dataran rendah seperti jelutung (Dyera costulata), ramin (Gonystylus bancanus), meranti (Shorea sp.), keruing (Dipterocarpus sp.), dan rotan.

Jenis satwa langka endemik dan dilindungi yang terdapat di hutan Taman Nasional Tanjung Puting antara lain orangutan (Pongo satyrus), bekantan (Nasalis larvatus), lutung merah (Presbytis rubicunda rubida), beruang (Helarctos malayanus euryspilus), kancil (Tragulus javanicus klossi), macan dahan (Neofelis nebulosa), dan kucing hutan (Prionailurus bengalensis borneoensis).-(sumber:dephut.go.id)

Bagi anda yang pernah singgah ke kota ini, bagai mana pendapat anda?

2 comments:

Powered by Blogger.