Skripsi Tentang Penerapan pembelajaran kooperatif Model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar statistika

Search of Keyword for this thesis: jigsaw, kooperatif, skrispsi 2012, download skripsi gratis, hasil belajar, matematika, statiska, model, hasil, proposal.

ARINAMANASIKANA, NIM : *********;. 2012, Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Pada Pokok Bahasan Statistika Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IX MTs ********* Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012; Program Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas *********.

Pembelajaran merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat dipisahkan dari pelaksanaan pendidikan. Menurut Mappa dan Baleaman (1994 : 188) menyatakan bahwa pembelajaran merupakan suatu upaya sistematik untuk membantu peserta didik melakukan kegiatan belajar agar mereka mampu mengubah, mengembangkan serta mengendalikan sikap dan perilakunya sampai batas yang maksimal.
Berdasarkan observasi, pembelajaran matematika yang disampaikan guru banyak yang kurang menarik dan kaku dalam penyampaian materi. Di MTs ********* juga ditemukan hal yang demikian. Pembelajaran yang diterapkan guru tersebut membuat siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran matematika sehingga hasil belajar siswa rendah.
Berdasarkan uraian latar belakang diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut : 1) bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX MTs ********* tahun pelajaran 2011/2012. 2) bagaimanakah efektifitas pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX MTs ********* tahun pelajaran 2011/2012.
Tujuan penelitiannya berdasarkan rumusan masalah diatas adalah antara lain : 1) untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX MTs ********* tahun pelajaran 2011/2012, 2) untuk mendeskripsikan efektifitas pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX MTs ********* tahun pelajaran 2011/2012. Sedangkan hasil penelitian ini diharapkan akan memberikan manfaat bagi siswa, guru, sekolah, pembelajaran, dan peneliti.
Dari penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : a) pada siklus I rata-rata hasil ulangan harian sebesar 70,9, b) pada siklus I ketuntasan klasikalnya adalah 74,07%, c) pada siklus II rata-rata hasil ulangan harian sebesar 76,3, d) pada siklus II ada 1 siswa yang belum tuntas, sehingga ketentusan klasikalnya adalah 96,30 %, e) pada siklus I rata-rata aktivitas siswa sebesar 70,99% (katagori baik), pada siklus II rata-rata aktivitas siswa sebesar 73,77% (katagori baik).
Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw pada pembelajaran matematika dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX MTs ********* Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2011/2012. Selain itu, pembelajaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Model Jigsaw, dan Hasil Belajar Matematika.

Silahkan download skripsi ini lengkap

2 comments:

Powered by Blogger.