Transgender Masuk Nominasi Artis Terbaik

Selama beberapa dekade terakhir komunitas Lesbian,Gay,Biseksual dan Transgender (LGBT) telah membuat kemajuan besar dalam industri hiburan. Ada yang masih tertutup dengan pilihan orientasi seksualnya dan ada juga yang dengan berani terbuka mengungkapkan pilihanya ke publik. Hal ini pernah dianggap sebagai bunuh diri karir untuk menjadi gay, apalagi transgender yang berani terbuka. Tapi dalam beberapa tahun terakhir, aktor gay dan lesbian secara rutin dinominasikan untuk penghargaan industri film, mulai dari Oscar dan Emmy hingga beberapa perhelatan film kelas dunia.

Sir Ian McKellen dan Jaye Davidson keduanya telah dinominasikan untuk Oscar. Chris Colfer telah memenangkan Golden Globe, dan Glee lawan mainnya Jane Lynch telah memenangkan Golden Globe dan Emmy Award. Puncaknya terjadi beberapa minggu lalu ketika seorang transgender bernama Harmony Santana dinominasikan untuk Aktris Pendukung Terbaik di Spirit Awards Independen untuk penampilannya di Gun Hill Road. Ia tampaknya menjadi aktris pertama transgender yang dinominasikan untuk penghargaan besar Hollywood dalam kategori Aktris.

Jika kita melihat beberapa tahun kebelakang Felicity Huffman pernah membawa pulang sejumlah award atas aktingnya dalam film "Trans Amerika". Kemudian disusul oleh Hilary Swank dalam film "Boys don't cry". Namun sangat disayangkan juri tidak memberikan penghargaan yang tepat atas karakter yang mereka perankan, Fellicity dan Hillary mendapatkan peran terbaiknya dengan embel-embel aktris transisi.

Tapi kini tonggak sejarah dimulai oleh Harmony Santana karena didalam film terbarunya ia sudah bisa menyandang nama Aktris tanpa ada "embel-embel" transisi. Ini sangat menggembirakan melihat seorang aktris transgender dinominasikan untuk penghargaan bergengsi di kategori yang tepat.

(Sumber : http://www.huffingtonpost.com/)

No comments:

Powered by Blogger.