Heru
Heru Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Tujuan Mengajar dan Guru Sebagai Pembimbing Belajar

belajar

Apa yang disebut dengan tujuan pengajaran itu? dan mengapa tujuan tersebut penting serta harus diutamakan
?

Tujuan Mengajar

Tujuan mengajar merupakan sesuatu atau target yang ingin dicapai di dalam kegiatan pengajaran (PKBM) yaitu adanya perubahan dari perilaku siswa ke arah yang lebih positif, baik dari segi pengetahuan, sikap, maupun keterampilannya. Tujuan ini sangat penting, sebab akan menentukan arah dari proses belajar dan mengajar yang akan mewarnai dari keseluruhan komponen pengajaran.
Tujuan pengajaran ini juga merupakan penjabaran dari bebrapa tujuan, yaitu tujuan bidang studi, tujuan satuan pendidikan tau institusi, serta pendidikan nasional. Dengan demikian tujuan pengajaran ini merupakan tujuan intermidier tau tujuan antara untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

Dilihat dari segi operasionalnya, tujuan pengajaran atau tujuan instruksional berisi rumusan pernyataan mengenai kemampuan atau kualifikasi tingkah laku yang diharapkan dimiliki / dikuasai oleh siswa stelah mengikuti proses pengajaran. Tujuan ini dibedakan menjadi tujuan instruksional umum dan tujuan instruksional khusus. Tujuan instruksional umum dan tujuan yang ada di atasnya disusun dan dirumuskan oleh tim pengembang kurikulum pusat, sedangkan tujuan instruksional khusus perumusannya diserahkan kepada guru sebagai pelaksana proses kegiatan belajar mengajar.

Ada tiga hal pokok yang harus diketahui oleh seorang guru, yaitu :
1. Harus memahami kurikulum/ GBPP yang berlaku sebagai pedoman dalam menjabarkan tujuan.
2.Memahami tipe-tipe hasil belajar, karena tujuan tersebut pada dasarnya merupakan hasil / terget belajar yang ingin dicapai.
3.Memahami akan tatacara merumuskan tujuan pembelajaran sampai tujuan tersebut jelas isinya serta dapat dicapai oleh siswa di dalam setiap proses pembelajaran.

Guru Sebagai Pembimbing Belajar

Setiap guru dituntut untuk memiliki berbagai kemampuan (kompetensi) baik kemampuan profesi, kemampuan pribadi, maupun kemampuan sosialnya. kemampuan-kemampuan tersebut sangat mempengaruhi tercpainya tujuan belajar siswa.Tidak tercapainya tujuan belajar siswa dikarenakan kita terlalu mendominasi atau menguasai proses belajar siswa, sehingga siswa tidak memiliki kesempatan untuk mencari atau menemukan sendiri apa yang dipelajarinya dan bagaimana  mempelajari sesuatu.  Masalah kemandirian dalam belajr saat ini sering menjadi sorotan. 

Timbulnya berbagai pendekatan atau strategi belajr mengajar  individual atau berbagai macam paket belajar individual adalah sebagai bukti bahwa kemandirian dalam belajr ini mendapat perhatian yang lebih besar dewwasa ini. Oleh karena itu apabila para guru masih menguasai tau mendonminasi proses pembelajaran maka pada dasarnya guru tersebut telah ketinggalan zaman. Guru masa kini sebenarnya bertindak sebagai pembimbing atau fasilisator belajar yang bertugas mengorganisasi atau mengatur lingkungan belajar agar terjadi proses belajar pada diri siswa.

Heru  Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.