Hubungan Pengalaman Belajar dengan Metode Mengajar

Hasil belajar siswa atau prestasi belajar sisiwa akan diperoleh setelah siswa menempuh proses atau pengalaman belajarnya. Learning experience atau pengalaman belajar merupakan suatu proses kegiatan belajar untuk mencapai tujuan pembelajaran. Proses kegiatan belajar mengajar sangat dipengaruhi oleh alternatif metode mengajar yang digunakan oleh guru.

Metode mengajar merupakan suatu cara yang digunkana oleh seworang guru dalam mengajarkan / membelajarkan siswa agar terjadi interaksi dalam proses pembelajaran. Setiap metode pembelajaran masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda dalam membentuk pengalaman belajar siswa, tetapi satu dengan yang  lainnya saling menunjang.

Pengalaman belajar (Learnig experience) yang diharapkan adalah terjadi adanya aktivitas belajar yang tinggi dari siswa. Pendekatan yang digunakan untuk membentuk pengalaman siswa adalah cenderung dengan pendekatan keterampilan proses. Keterampilan proses merupakan pendekatan belajar mengajar  yang mengarah pada pengembangan kemampuan - kemampuan mental, fisik dan sosial yang mendasar sebagai penggerak kemampuan- kemampuan yang lebih tinggi dalam diri siswa (Depdikbud 1990;9).

No comments:

Powered by Blogger.