Heru
Heru Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Cara Terbaru Membuat Blog Di Tahun 2020

Cara Terbaru Membuat Blog Di Tahun 2020

Jika kamu ingin mulai memiliki sebuah blog, itu menurut saya merupakan langkah yang “hebat”.

Akan tetapi mungkin kamu agak bingung harus memulainya dari mana?. Sudah banyak info bertebaran di dunia maya, dan semunya memberikan informasi pada kamu dan memberikan informasi yang berbeda.

Tenang saja. Saya juga seorang pemula dalam dunia blogging. Saya pun pada awalnya juga memiliki masalah yang sama. Saya memulai blog pertama saya (heru-id.blogspot.com, saat ini menjadi herublog.my.id) pada tahun 2009, dan saya hanya tahu sedikit saja tentang blogging pada waktu itu. Kenyataannya, hanya seminggu dalam seminggu saya sudah sedikit mengetahui apa itu blog. Membangun sebuah blog itu sangat sederhana, relatif mudah, dan pastinya mudah dipahami.

Mengapa kamu harus membuat blog dan bergabung dengan komunitas blogging?
Pada artikel ini saya akan mencoba menguraikan dengan tepat apa yang perlu kamu lakukan untuk memulai dan membuat blog pribadi. Sebelum kita lebih dalam memebahasnya, sedikit saya sampaikan alasan mengapa kamu harus membangun sebuah blog.

1. Blogging menjadi salah satu cara cepat dan paling populer untuk berkomunikasi dan menyebarkan informasi, baik itu berita, tutorial maupun tulisan pribadi.
2. Merupakan salah satu cara yang paling baik untuk mengekspresikan diri kamu untuk berbagi informasi dengan orang lain.
3. Kamu akan menjadi orang yang lebih baik dan sekaligus belajar menjadi penulis yang lebih baik.
4. Kamu juga dapat menghasilkan uang, jika blog kamu berkualitas.

Membuat blog sendiri memang dapat memakan waktu yang agak lama, mungkin hingga 30 menit. Jadi, sebainya siapakan kopi dan rokok agar terasa santai, he...he.... Namun jika kamu memerlukan bantuan selama proses pembuatan, jangan sungkan untuk menghubungi saya sekedar untuk berbagi dan saya akan membantu sebisa mungkin dan menjawab pertanyaan kamu.

Membuat blog tidaklah sesulit membuat situs web dari awal, artinya tidak memerlukan kemampuan teknis khusu untuk dapat membuat blog. Dan pada kenyataannya tak ada kode-kode(coding) khusus yang diperlukan.

Membuat blog hanya dalam 5 Langkah:
Ada lima langkah yang perlu kamu lakukan untuk memulai ngeblog. Jika kamu mengikuti panduan ini dengan benar, maka insya Alloh kamu akan memiliki blog sendiri kurang dari 30 menit.

1. Memilih platform blog yang terbaik
2. Memilih host web untuk blog
3. Cara mengatur blog dengan domain kamu sendiri atau istilah kerennya Top Level Domain (TLD)
4. Desain blog
5. Sumber daya yang berguna untuk blogging

1. Memilih platform blog

Ini adalah hal pertama yang harus kamu tentukan, mungkin kamu pernah mendengar tentang WordPress?, dan ini adalah platform yang saya anjurkan, platform terbaik menurut saya.

Sejauh ini WordPress memang merupakan salah satu platform blogging terbesar di dunia, dengan plugin dan add-on yang tak terhitung jumlahnya dan pengaturan yang tak terbatas untuk merancang tata letak blog kamu. Ada lebih dari 82 juta pengguna aktif WordPress lho.

Selain WordPress ada alternatif lain, yakni Blogger yang menurut saya platform blog terbaik setelah WordPress. Dan Tumblr, platform dengan konsep semi jejaring sosial dan semi blog. Kesemuanya sangat menarik serta sangat mudah digunakan.

Mengapa WordPress lebih baik dari pada keduanya, berikut adalah alasan saya mengapa kamu harus menggunakan WordPress.

1. Pengaturan super mudah dan gratis
2. Banyak tersedia tema dan tata letak gratis
3. Tersedianya forum dukungan kamu mengalami permasalahan
4. Fast loading dan memiliki fungsi yang sempurna
5. Mudah dalam melakukan interaksi. Konten yang kamu dibagikan, dapat dikomentari, dan sebagainya.

2. Hosting mandiri atau gratis?

Snatai saja, kamu harus menentukan keputusan yang tepat sebelum melangkah lebih jauh. Kamu perlu memutuskan apakah akan menggunakan hosting berbayar untuk blog kamu atau menggunakan hosting yang gratisan?.

Baik WordPress, Tumblr, dan Blogger semuanya menawarkan hosting blog gratis untuk siapa saja. Ini meungkin sanga cocok bagi kamu yang masih kalai pertamanya terjun di dunia logging. Tetapi yang namanya gratisan pastilah memiliki kelemahan.

Kamu tidak mendapatkan nama domain sendiri

Di blog gratisan, alamat web blog kamu atau yang bisa disebut URL akan memiliki kesan yang kurang “keren”, terlalu panjang dan tidak white label. Singkatnya, membuat blog dengan host gratis kamu akan mendapatkan url seperti ini.
blogkamu.wordpress.com
blogkamu.blogspot.com
blogkamu.tumblr.com
Tetapi sekali lagi, semua tergantung pada pilihan kamu, namun banyak juga sahabat blogger yang sukses dan menghasilkan rupiah hanya dengan memakai blog dengan host gratisan.

Blog dengan host gratis memiliki layanan yang terbatas

Ada beberapa batasan untuk blog gratisan. Kamu tak dapat sepenuhnya dapat melakukan monetisasi, dan kamu tidak memiliki kebebasan untuk mengunggah semua video dan gambar yang ingin kamu bagikan kepada semua orang. Parahnya lagi, kamu bahkan tidak memiliki akses pada tema gratis yang ditawarkan oleh WordPress. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa menggunakan blogspot, dimana kamu bebas dalam mengedit tampilan dan tema blog.

Kamu bukanlah pemilik blog

Jika blog yang dihost dalam properti web orang lain maka mereka dapat menghapusnya kapan jika mereka mau, tapi ini jarang terjadi terkecuali kamu melanggar perturan layanan yang mereka tentukan. Jika blog kamu sampai dihapus artinya semua kerja keras kamu didalam membangun blog selama ini akan sia-sia, waktu yang digunakan dalam menulis posting blog yang tak terhitung jumlahnya mungkin lenyap dalam hitungan detik. Hiks...hiks....

Di sisi lain, dengan blog yang dihosting sendiri dengan nama domain kamu sendiri akan terlihat bahwa anda memang pemilik blog tersebut, istilahnya web owner atau blog owner. Kamu bisa memberi nama blog kamu dengan nama apa pun yang kamu inginkan, misalnya, "blogkamu.com". Kamu dapat menyewa nama domain berbayar yang berekstensi dengan .com, .co.uk, .net, .org, id, online dan masih banyak sufiks web lainnya. Kamu juga dapat menambahkan video, gambar, dan konten plus tema gratis yang tak terbatas (tergantung besarnya paket hosting yang kamu sewa).

Menyewa domain dan hosting berbayar tidaklah semahal yang kamu bayangkan? Banyak penyedia layanan domain dan hosting anak negeri yang murah tapi tetap berkualitas.

3. Membuat blog dengan domain kamu sendiri (jika kamu memilih hosting sendiri dan domain khusus)

Jika kamu masih sedikit bingung dengan blog yang dihosting sendiri, sedikit saya jelaskan.

Kamu harus membuat nama domain yang kamu sukai dan juga memilih perusahaan hosting yang dapat menghost blog kamu.

Domain: Domain ini pada dasarnya adalah URL situs web kamu. Contoh: google.com (Google.com adalah domain), Facebook.com (Facebook.com adalah domain).
Hosting: Hosting pada dasarnya adalah perusahaan yang menempatkan situs web kamu di internet sehingga semua orang dapat mengaksesnya. Semuanya akan disimpan di sana. Anggap saja seperti hard drive pada komputer di internet tempat blog kamu akan disimpan.

Setelah WordPress diinstal di situs web kamu, yang harus kamu lakukan untuk memulai blog kamu adalah menuju ke halaman WP-Admin, biasanya www.yourblognamehere.com/wp-admin dan kamu dapat mulai menulis dengan menambahkan posting baru.

Pada awalnya, tata letak yang ada memang terlihat sedikit membingungkan, tetapi sebenar sangat mudah dipahami. Jadi kamu tak perlu khawatir!

4. Merancang blog WordPress 

Kamu dapat membuat blog terlihat persis seperti apa yang kamu inginkan. Untuk memilih tema baru, kamu dapat menuju ke Appearance> Themes dan menginstal tema WordPress gratis atau kamu dapat menuju ke situs web penyedia tema WordPress premium.

wordpress
WordPress Dashboard

Saya biasanya memilih sesuatu yang terlihat profesional dan cukup mudah untuk disesuaikan. WordPress juga memiliki fitur luar biasa yang memungkinkan kamu dapat mengubah tema hanya dengan beberapa klik. Jadi, jika kamu sudah merasa mulai bosan dengan template blog kamu saat ini, kamu bisa langsung beralih ke yang lain tanpa kehilangan konten.
Yang perlu kamu ingat, desain blog kamu tentunya tak hanya mencerminkan kepribadian kamu, tetapi juga tentang apa blog itu. Tak ada gunanya memiliki tema yang berorientasi sepak bola jika blog kamu tentang tenis, bisa dimengerti bukan?

Selain itu, buatlah menu navigasi semudah mungkin, bisa terlihat dan dipahami oleh pengunjung blog kamu.

5. Sumber Daya Berguna Untuk Blogger Pemula

Blogger terjun ke dunia blogging dengan berbagai tingkat pengalaman media online dan sosial, selalu ada ruang untuk lebih banyak belajar tak peduli apakah kamu seorang pemula atau seorang blogger yang kawakan.

Sebagai tambahan saja, dalam mebangun blog memerlukan ketelatenan dan kesabaran. Saya sendiri, blog ini sudah tiga tahun saya tinggalkan sejak 2017, dan baru mulai April 2020 ini merawatnya kembali (curhat) :)

Jika ada kesulitan atau pertanyaan untuk saya tentang cara membuat blog, hubungi saya atau kamu bisa meninggalkan komentar di bawah ini. Selamat blogging!

Heru  Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.