Heru
Heru Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Mempercepat Loading Blog Di Cloudflare

Mempercepat Loading Blog Di Cloudflare
Mempercepat Loading Blog Di Cloudflare

Bagi kamu yang mungkin menggunakan layanan SSL gratis di cloudflare mungkin akan mengalami sedikit masalah yakni tentang lambatnya loading blog yang terintegrasi dengan cloudflare.

Hal ini sangat wajar terjadi dikarenakan jika blog kamu ditargetkan untuk pengunjung dari indonesia, maka ketika orang mengakses blog kamu maka istilahnya harus ditransit terlebih dahulu ke cloudflare yang terletak di eropa. Hal inilah yang menyebabkan laoding blog kamu menjadi sedikit lebih lambat.

Untuk kamu yang menggunakan layanan cloudflare, kamu bisa mencoba cara berikut ini untuk meningkatkan optimasi laoding blog kamu. Saya sendiri sudah menerapkannya pada blog ini, dan hasilnya alhamdulillah memuaskan :).


1. Silahkan login ke dashboard cloudflare, di dash.cloudflare.com

2. Pilih blog yang ingin kamu optimasi laodingnya, ini jika kamu memiliki lebih dari satu blog yang dihost di cloudflare. Secara default kamu akan berada pada halaman "Overview".

3. Arahkan mouse dan pilih menu "Speed". Pada menu ini silahkan pilih tab menu "Optimization"


Menu Cloudflare
Menu Cloudflare


4. Arahkan dan pilih menu "Auto Minify" dan centang semua kotak JavaScript, CSS, dan HTML. Ini berfungsi untuk mengurangi file kode yang bersumber dari blog kamu.

5. Selanjutnya masih pada halaman yang sama, pilih "Brotli" dan klik tombol Off menjadi On. Ini berfungsi untuk mempercepat waktu pemuatan halaman untuk lalu lintas HTTPS pengunjung blog kamu.

6. Pilih layanan optimasi "Rocket Loader". Rubah Off menjadi On. Berfungsi mempercepat waktu yang diperlukan untuk mengakses halaman blog yang menyertakan JavaScript.

7.Silahkan tunggu beberapa saat, maka blog kamu yang mamakai layanan SSL gratis dari Cloudflare akan lebih cepat dan wuuussss....


Tambahan:
Untuk memastikan optimasi "Rocket Loader" sudah berfungsi pada struktur template blog kamu, bisa mengeceknya dengan Ctrl+U pada blog kamu. Scroll ke bawah tepat di atas tag </body>
kamu akan menemukan kode dari JavaScript dari Rocket Loader Cloudflare.Pada blog saya akan nampak seperti ini:


<script src="https://ajax.cloudflare.com/cdn-cgi/scripts/7089c43e/cloudflare-static/rocket-loader.min.js" data-cf-settings="d25e85feda097d25d4bdc62b-|49" defer=""></script>

Heru  Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.