Tiga Cara Agar Blog Bermanfaat Bagi Orang Lain

manfaat blog

Jika kamu gemar menulis maka kamu haruslah ngeblog. Jika kamu suka membantu orang lain, maka kamu juga harus ngeblog. Menagapa?. Ya, dengan blog kita dapat melakukan banyak hal untuk banyak orang, oleh karena itu mereka yang suka ngeblog harus dapat membantu orang lain dengan memuat informasi yang bermanfaat di blog kamu.

Blogging tidak sulit, tak harus memerlukan kahlian khusus, atau pendidikan yang tinggi untuk menjadi blogger. Anggaplah itu seperti buku diary atau jurnal, tetapi apa yang kamu bagikan dengan orang lain tentunya yang bisa memebrikan mendapat manfaat dari postingan yang telah kamu tulis.

Blog Tentang Kesalahan Kamu

Mungkin kamu bisa menjadi salah satu orang yang membantu seseorang untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan untuk masalah mereka. Semisal saja, apakah mereka memiliki masalah sosial atau masalah kecanduan narkoba. Dengan menuliskan tentang perjuangan yang telah kamu lalui, mungkin kamu dapat membantu orang lain untuk menghentikan kecanduan mereka terhadap narkoba atau meninggalkan hubungan sosial yang buruk.

Tidak peduli berapapun usia kamu, atau berapa usia pembaca blog kamu, apa yang kamu katakan dapat membantu orang, baik saat ini atau di masa depan. Meskipun sulit untuk menceritakan kesalahan sendiri, namun ada beberapa orang yang dapat dengan mudah belajar dari kesalahan orang lain, dan blog kamu bisa menjadi salah satu yang dapat membantu mereka.

Blog Tentang Keberhasilan Kamu

Menulis blog tentang kesalahan bisa membantu orang lain, tetapi kamu juga bisa menulis blog tentang hal-hal yang telah membuat kamu menjadi sukses, termasuk bagaimana caranya kamu mencapai kesuksesan itu. Ketika seseorang mewujudkan impiannya, biasanya orang lain bereingan untuk mengetahui bagaimana kamu melakukannya. Kamu dapat membagikan tips-tips kesuksesanmu tersebut melalui blogging.

Kamu bisa memulinya dengan menceritakan awal dari kesusesan yang telah kamu capai. Mislanya, apakah kamu memiliki orang tua yang kaya raya atau kamu berasal dari keluarga yang biasa saja, tak cukup banyak uang dan bekerja keras menuju kesuksesan dari nol. Semakin sulit perjuangan kamu dalam meraih kesusesan, maka pada kenyataannya akan semakin banyak pula memberikan inspirasi pada orang lain.

Blog Tentang Pengalaman Kamu

Kamu juga dapat membuat blog tentang kehidupan keseharian mu. Mislanya, mungkin kamu bergumul dengan kecemasan sosial, tetapi kamu berusaha keluar dari permasalahan tersebut. Membuat blog tentang pengalaman kamu dan langkah-langkah apa saja yang kamu lakukan untuk memerangi penyakit mental bisa menjadi hal yang dibutuhkan orang lain untuk mengatasi masalah mereka.

Mungkin kamu juga ingin menulis blog tentang bisnis baru sebagai pengusaha kecil. Orang akan senang membaca langkah-langkah yang kamu lalui untuk mendapatkan kesuksesan dalam bisnis, dan pastinya mereka akan menirunya untuk kesuksesan diri mereka. Dengan begini, mungkin menjadi salah inspirasi yang menciptakan entepreneur baru di masa depan dari berbagai usia.

Buatlah blog tentang apa yang ingin kamu tulis, tetapi buatlah sesuatu yang bermanfaat yang dapat membantu orang lain. Pelajari tentang apa yang paling disukai pembaca tentang blog kamu, dengan memanfaatkan analytics dapat membantu kamu menentukan posting yang paling populer, dan menggunakannya untuk membuat lebih banyak posting populer dengan tema yang sama untuk pembaca blog kamu.
Selamat mencoba!

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.