Heru
Heru Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.

Kondisi Yang Dipersyaratkan Dalam Penelitian Tindakan Kelas

Kondisi Yang Dipersyaratkan Dalam Penelitian Tindakan Kelas

Penelitian tindakan kelas merupakan suatu cara untuk menumbuhkembangkan pembaruan yang dapat meningkatkan atau memperbaiki hasil belajar siswa. Nah, agar penelitian tindakan kelas ini dapat dilangsungkan secara benar, maka berbagai kondisi harus dipenuhi. Terdapat tujuh setidaknya kondisi yang menjadi syarat dalam pelaksanaan penlitian tindakan kelas.



Sekolah harus memberikan kebebasan

Kebebasan yang memadai harus diberikan oleh pihak sekolah kepada guru untuk melaksanakan penelitian tindakan kelas, sehingga guru dapat saling berkolaborasi serta dapat secara bebas meminta teman sejawat untuk menjadi pengamat bagi kelasnya, dan bebas melakukan diskusi tentang kemajuan kelasnya, disamping dapat menumbuhkan rasa saling percaya.

Akan tetapi pada kenyataannya menunjukkan bahwa birokrasi dan formalitas yang berjalan di sekolah terkadang tidak menunjang terjadinya itu semua, sebagaimana yang diungkapkan oleh Shumsky dan Holly (dalam Mc Taggart, 1991). Kondisi ini tidak menunjang pelembagaan penelitian tindakan kelas di sekolah, sehingga penelitian tindakan kelas hanya dianggap sebagai eksperimen sesaat saja.

Kolaborasi dan kerjasama

Birokrasi dan hierarki di sekolah lebih baik hendaknya diminimalkan. Dan yang harus dilakukan adalah menumbuhkan kolaborasi atau kerjasama yang saling menguntungkan, serta pengambilan keputusan secara bersama-sama.

Keinginan sekolah

Sudah semestinya sekolah mempertanyakan apa yang diinginkan yang oleh sekolahnya. Apabila keinginan tersebut memang merupakan komitmen sekolah, maka penelitian tindakan kelas sebagai satu bentuk inovasi sekolah akan dapat tumbuh dengan subur, dan kegiatan penelitian tindakan kelas pun mungkin akan menjadi kegitan rutinitas bagi guru di sekolah tersebut.

Keterbukaan

Penelitian tindakan kelas mempersyaratkan keterbukaan dari semua staf sekolah untuk membahas masalah yang dihadapi tanpa rasa khawatir akan dicemoohkan. Diskusi dengan teman sejawat tentang permasalahan yang dihadapi dan kemudian setipa staf menganggap masaah yang dibahas merupakan masalah bersama merupakan kondisi yang dipersyaratkan untuk berkembangnya penelitian tindakan kelas di sekolah.

Pambaruan

Sikap kepala sekolah dan staf administrasi harus menunjang pembaruan. Sikap negatif yang ditunjukkan meskipun hanya selintas dapat merusak iklim inovasi yang sedang tumbuh.

Percaya diri

Guru dan siswa harus memiliki rasa percaya diri yang tinggi bahwa mereka sedang melakukan suatu pembaruan yang didukung oleh kepala sekolah dan juga orang tua siswa.

Siap menghadapi konflik

Guru harus siap menghadapi berbagai konflik karena yang baru biasanya mendapat perhatian lebih daripada yang lama yang sudah diakrabi setiap hari. Hal ini diperlukan guna menghindari timbulnya kecemburuan sosial.

Jika kita kaji lebih cermat, ternyata penelitian tindakan kelas memang menuntut satu kondisi yang kondusif agar semuanya dapat belangsung dengan baik, dan pembaruan yang muncul dapat dilembagakan. terlebih di Indonesia yang baru saja menggalakkan penelitian tindakan kelas, kondisi yang kurang kondusif tentunya pasti banyak ditemukan. Namun sebagai guru seyogyanya berusaha agar kondisi yang dipersyaratkan dalam penelitian tindakan kelas dapat terwujud.

Ini bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, karena harus berhadapan dengan berbagi kendala baik yang bersifat formal maupun informal.

Heru  Hanya sebuah situs webLog sederhana sebagai media belajar dan berbagi, dengan harapan semoga dapat bermanfaat untuk semua.
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.